Referensi Instagram: Prinsip Ledakan Sebagai Mengapa Logika Itu Penting

Postingan: https://www.instagram.com/p/CP-Jwn5MJis/

Apa itu Logika?

Knachel, Matthew. What is Logic?. Rebus Community. press.rebus.community/intro-to-phil-logic/chapter/chapter-1/

Definisi logika yang diberikan di Instagram adalah suatu parafrase dari pengertian yang diberikan di artikel tersebut. Di situ, Knachel mengatakan bahwa “logika adalah disiplin yang bertujuan untuk membedakan penalaran yang baik dari penalaran yang buruk.” Definisi yang yang saya bentuk tetap memiliki konsep yang sama karena “proses penalaran/penyimpulan yang selaras dengan prinsip-prinsip validitas tertentu” adalah bagaimana logika sebagai suatu disiplin membedakan penalaran-penalaran menjadi penalaran yang baik dan penalaran yang buruk. Knachel menjelaskan lebih lanjut bahwa “kita tidak hanya membicarakan tentang logika, tetapi juga tentang logika-logika.” Dimana suatu logika hanyalah sekumpulan aturan-aturan untuk membedakan penalaran-penalaran.

Prinsip Ledakan

Priest, Graham. (Agustus 1998). What is so Bad about Contradictions?. Journal of Philosophy, Vol 95, No. 8, Halaman: 410-426. DOI: 10.2307/2564636. JSTOR: jstor.org/stable/2564636

Mengandung pengkajian tentang Prinsip Ledakan (ex falso quodlibet). Dari cara kerjanya sampai dengan sejarah penggunaannya dalam filsafat.

Tinggalkan Balasan