Garis Besar

Sebelum memulai menjelaskan masing-masing posisi “besar” yang saya punya, saya akan beri tahu terlebih dahulu ruang lingkup dan bidang apa saja yang disentuh dan ditelusuri ketika saya menjelaskan posisi-posisi besar tersebut.

Mulai, saya akan menyentuh filosofi. Mengapa tidak langsung politik? Karena filosofi akan menjadi basis saya menjelaskan (pertama) mengapa sesuatu itu buruk atau baik dan (kedua) mengapa sesuatu itu benar atau salah. Spesifiknya, menelusuri etika, moralitas, dan epistemologi cukup relevan dalam memeberi tahu cara-cara kita memikirkan tentang sesuatu entah dalam aspek normatif ataupun deskriptif, sehingga mengapa saya akan memulai dari situ dulu. Bagi mereka para pakar atau pendalam bidang-bidang filosofi mungkin sadar bahwa saya hanya membawa dua sub-bidang utama dari filosofi (yaitu etika dan epistemologi) dan ini disengaja karena alasan yang akan juga dijelaskan nanti di seksi Filosofi.

Setelah menjelaskan posisi-posisi fundamental yang saya miliki, saya kemudian baru akan menelusuri posisi-posisi saya terhadap isu-isu kemasyarakatan. Dikarnakan ada banyak sekali bidangnya disini (i.e agama, budaya, politik), saya akan memilih hal-hal yang paling relevan saja untuk saat penulis penjelasan ini, dan memperbaruinya saat dibutuhkan.

Tabel berikut berperan sebagai suatu daftar isi dari topik-topik besar/utama yang akan saya bicarakan di halaman-halaman selanjutnya.

KategoriNo.Topik
Filosofi1Epistemologi
2Etika dan Moralitas
Masyarakat3Politik dan Pemerintahan
4Makroekonomi dan Mikroekonomi
5Keadilan
Agama6Tuhan
7Agama dan Sains
Tabel 1.1 Daftar Isi Topik-Topik Utama